HUBUNGAN KANDUNGAN TOTAL POLIFENOL DAN FLAVONOID TERHADAP AKTIVITAS TABIR SURYA KULIT PISANG AMBON (Musa acuminata)

 

Ida Adhayanti*)

*)Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes RI Makassar

 

ABSTRAK

 

                Indonesia merupakan negara dengan paparan sinar matahari yang tinggi. Spektrum sinar matahari yang mempunyai dampak buruk pada kulit adalah sinar ultraviolet yang disebut UVB dan UVA. Saat ini telah banyak dikembangkan penelitian mengenai pencarian bahan alam yang berdaya guna sebagai tabir surya. Senyawa flavonoid dari tanaman diduga bersifat protektif terhadap radiasi sinar matahari. Salah satu tanaman yang kaya akan senyawa flavonoid adalah pisang, Kulit  pisang merupakan limbah organik yang belum banyak dimanfaatkan selain itu penelitian tentang penentuan nilai SPF pada kulit tanaman tersebut, belum begitu banyak dilakukan maka dari itu perlu dilakukan pembuktian ilmiah mengenai aktivitas perlindungan dari sinar UV dari ekstrak kulit pisang  khususnya kulit pisang ambon (Musa paradisiaca L.). Hasil dari penentuan kandungan total senyawa polifenol didapatkan bahwa ekstrak etanol, ekstrak etilasetat dan ekstrak air kulit pisang ambon secara berturut-turut adalah 32,84 ± 0,51, 93,64 ± 0,82, dan 16,56 ± 0,01 mgGAE/g. Kadar kandungan total flavonoid ekstrak etanol, etilasetat dan ekstrak air kulit pisang ambon adalah 12,58 ± 1,29, 47,29 ± 0,44 dan 3,42 ± 0,48 mgQE/g.Terdapat korelasi yang positif antara kandungan total polifenol dan flavonoid terhadap aktivitas tabir surya ekstrak kulit pisang ambon.

 

Kata kunci : Pisang Ambon, Total Polifenol, Total Flavonoid

Artikel Lengkap Silahkan Klik di Sini

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Roxb.) PADA BAKTERI Staphylococcus aureus

 

Rahmatullah Muin*)

 

*) Program Studi D3 Farmasi STIKES Nani Hasanuddin Makassar

 

 

ABSTRAK

 

Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) merupakan tumbuhan yang lazim digunakan sebagai pewangi dan pewarna makanan. Pandan wangi mengandung banyak zat/senyawa bioaktif yang berkhasiat obat sehingga juga digunakan sebagai obat tradisional. Salah satu khasiat pandan wangi ialah sebagai antimikroba (antibakteri dan antijamur) yang di duga berasal dari kandungan flavonoid, Saponin, alkaloid, fenolik,  tanin, maupun steroid. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya daya hambat ekstrak etanol daun pandan wangi pada bakteri Staphylococcus aureus, pada penelitian ini dilakukan lima kelompok yaitu dengan konsentrasi ekstrak etanol daun pandan wangi 80%, 40%, 20%, Na-CMC sebagai kontrol negatif dan Cefadroxil sebagai kontrol positif  dengan menggunakan medium NA (Nutrient Agar). Diameter zona hambat pada konsentrasi 80% adalah 11,2 cm, konsentrasi 40% adalah 7,7 cm, konsentrasi 20%, tidak adanya zona hambat, pada kontrol positif cefadroxil adalah 13,7 cm, dan pada kontrol negatif sebesar 0,4 cm, dengan konsentrasi yang terbaik adalah 80%, berdasarkan hasil yang telah didapatkan bahwa ekstrak etanol daun pandan wangi dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus.

 

Kata Kunci : Ekstrak etanol daun pandan, Daya hambat, Staphylococcus aureus

 

Artikel Lengkap Silahkan Klik di Sini

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU DALAM MEMBERI VAKSIN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI USIA 0 - 1 TAHUN DI PUSKESMAS PERTIWI KOTA MAKASSAR

 

Ratnasari Dewi*), Hiany Salim*)

*) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes RI Makassar

 

ABSTRAK


                Ketidakpatuhan ibu dalam memberi vaksin imunisasi dasar lengkap dapat meningkatkan resiko tertularnya penyakit. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi ibu dalam memberikan vaksin imunisasi pada bayi. Tujuan penelitian ini untukmengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ibu dalam memberi vaksin imunisasi dasar lengkap pada bayi 0 – 1 tahun di Puskesmas Pertiwi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada 75 orang ibu yang dihitung berdasarkan rumus Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor - faktor yang  mempengaruhi motivasi ibu dalam memberi vaksin imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0 – 1 tahun di Puskesmas Pertiwi Kota Makassar adalah faktor kebutuhan yaitu kebutuhan bayi akan imunisasi, bayi membutuhkan perlindungan kesehatan dan vaksin merupakan kebutuhan dasar dengan persentase skor 98,44% dan faktor harapan yaitu harapan ibu agar bayi tumbuh sehat, kebal terhadap penyakit menular dan bayi aktif dengan persentase skor 93,1%, dan faktor yang tidak terlalu berpengaruh pada motivasi ibu dalam memberi vaksin imunisasi dasar lengkap adalah faktor dorongan yaitu dorongan ibu karena disuruh keluarga, bayi cerdas dank arena melihat anak tetangga sehat setelah imunisasi dengan presentase skor 62,5%.

 

Kata kunci: Motivasi, Vaksin Imunisasi, Puskesmas

Artikel Lengkap Silahkan Klik di Sini

PENGARUH PEREBUSAN KECAMBAH KACANG HIJAU (Phaseolus radiates L.) TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN dengan METODE DPPH

 

Tajuddin Abdullah*)

 

*) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes RI Makassar

ABSTRAK

                Pengaruh Perebusan Kecambah Kecambah Kacang Hijau ( Phaseolus radiatus. L) Terhadap Aktivitas Antioksidan dengan Metode DPPH. Kecambah kacang hijau atau touge merupakan sumber makanan yang kaya akan protein, asam amino, aglikon, fitosterol, dan flavonoid. Bahkan nilai gizi kecambah kacang hijau lebih baik daripada nilai gizi biji kacang hijau.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efek antioksidan dengan pengaruh perebusan pada kecambah kacang hijau. Penelitian dimulai dengan proses perebusan terlebih dahulu kemudian dilakukan uji efek antioksidan. Proses perebusan dilakukan dengan cara kecambah kacang hijau dibersihkan terlebih dahulu, ditiriskan kemudian ditimbang sebanyak 10 gram kemudian dimasukkan kedalam gelas piala yang berisi air mendidih 50 ml lalu dimasak hingga matang ( 5 menit pada suhu 50º C, 80ºC dan 100ºC)  kemudian hasil rebusan digerus dalam lumpang kemudian disaring dengan kain kasa dan dicukupkan volumenya sampai 100 ml dengan air panas melalui ampas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perebusan kecambah kacang hijau ( phaseolus radiatus.L ) dengan metode DPPH memberikan efek antioksidan pada suhu peredaman 100º C dengan nilai % inhibisi = 0,2454 dan dari hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan hasil yang signifikan.

Kata Kunci : Kecambah kacang hijau ( phaseolus radiatus.L), Antioksidan, DPPH (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl).

Artikel Lengkap Silahkan Klik di Sini

PEMANFAATAN BERAS KETAN HITAM (Oryza sativa L. Indica) DAN MADU SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN LOTION GEL

 

Hilda Wiryanthi Suprio*)

*)Program Studi D3 Farmasi STIKES Nani Hasanuddin Makassar

 

ABSTRAK

 

                Telah dilakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Beras Ketan Hitam (Oryza sativa L. Indica) Dan Madu Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Lotion Gel”. Dimana lotion gel dapat digunakan untuk kulit yang kering dan dapat melembabkan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan lotion gel yang baik dan benar dengan menggunakan bahan dasar beras ketan hitam (Oryza sativa L. Indica) dan madu. Beras ketan hitam (Oryza sativa L. Indica) merupakan salah satu bahan dasar yang sering digunakan dalam perawatan kulit dengan kandungan antosianin sebagai sumber antioksidan sedangkan madu merupakan bahan alami yang dapat memberikan efek lembab pada kulit dan memicu regenerasi sel baru. Pemilihan sediaan lotion gel dapat memenuhi perawatan harian bagi wanita. Lotion gel dapat digunakan untuk merawat kulit dan untuk mengangkat sel kulit mati dengan maksud untuk memperbaiki penampilan kulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode maserasi dengan jumlah sampel 500 gram yang diambil di Sidrap. Dimana formulasi lotion gel dengan konsentrasi 20 % dengan pengujian organoleptik, uji homogenitas, uji pH dengan pH 5 dan uji daya sebar dengan bentuk gel yang diperoleh berbentuk setengah padat.

 

Kata Kunci : Beras ketan hitam (Oryza sativa L. Indica), madu, lotion gel

Artikel Lengkap Silahkan Klik di Sini