STUDI KEBUTUHAN DAN  KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTIK KIMIA FARMA PETTARANI MAKASSAR

 

H. Asyhari  Asyikin *)

 

*) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar

 

ABSTRAK

                Telah dilakukan penelitian mengenai kebutuhan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Kimia Farmasi Pettarani Makassar pada bulan  Pebruari   2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu  kebutuhan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Kimia Farmasi Pettarani Makassar. Pengumpulan data  diproleh melalui instrumen penelitian berupa kuesioner yang ditunjukkan dengan cara check list (Ö) tabel informasi yang diharapkan dan  informasi yang diperoleh (kenyataan) pada saat pelayanan obat di Apotek  Kimia  Farma  Pettarani Kota Makassar,  yang  terdiri dari  9  sub variabel     meliputi : (1) cara dan aturan  pakai  obat, (2) guna/khasiat obat  (indikasi obat), (3) lama pengobatan/penggunaan obat, (4) cara penyimpanan obat, (5) efek samping yang mungkin timbul, (6) Tindakan bila ada efek samping obat/keracunan obat, (7) tindakan bila terjadi salah obat, (8) pantangan obat tersebut untuk penyakit tertentu, dan (9) pantangan makanan saat makan obat tersebut.  Rata-rata pasien perbulan yang dilayani di Apotek Kimia Farma Pettarani Kota Makassar adalah  ± 1400 orang ,Untuk menentukan jumlah sampel maka ditetapkan kuota sampel sebesar 20 % dari jumlah populasi, sehingga dalam penelitian ini jumlah pasien yang diambil sebagai responden (sampel) sebanyak 280 orang  pasien yang datang berobat pada periode  bulan  Pebruari   2017 dengan Kriteria responden : Berumur 18 tahun ke atas (dewasa), pasien telah berobat di Apotek Kimia Farma Pettarani Kota Makassar lebih dari 2 kali  dan bersedia menjawab pertanyaan yang diajukan.. Penilaian kepuasan pasien terhadap informasi yang mereka dapatkan dinilai berdasarkan pilihan jawaban  responden yang terdiri dari 5 pilihan jawaban yaitu : Sangat puas (SP), poinnya =  4, Puas (P), poinnya =  3, Kurang puas (KP), poinnya =2,Tidak puas (TP), poinnya =  1, Tidak anda dapatkan (TAD), poinnya =  0.  Range kepuasan 0,8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu  lebih dari setengah responden (>50%) menyatakan bahwa informasi yang mereka tidak dapatkan pada pelayanan obat adalah Lama pengobatan/penggunaan obat (70,36%), Cara penyimpanan obat (60,36%), efek samping yang mungkin timbul (76,07%), pantangan obat tersebut untuk penyakit tertentu (83,21%), dan pantangan makanan saat makan obat (62,14%). Berdasarkan total perolehan  rata-rata yakni  0,78, menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Kimia Farma Pettarani Kota Makassar, berada dalam kategori sangat rendah  (0 ≤ x ≤ 0,8)

 

Kata Kunci: Kebutuhan dan kepuasan, Pelayanan Informasi Obat, Apotek Kimia Farma Makassar

 

Artikel Lengkap silahkan klik di Sini