ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KIMIA EKSTRAKn-HEXANA DAUN BAKAU (Rhizophora mucronata)

YANG BERASAL DARI DAERAH SINJAI, SULAWESI SELATAN

 

Ismail Ibrahim *)

 

*) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar

 

ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian tentang isolasi dan identifikasi komponen kimia ekstrak n-heksana daun bakau (Rhizophora mucronata) yang berasal dari daerah Sinjai, Sulawesi Selatan menggunakan metode KLTP dan Spektrofotometri FT-IR. Identifikasi senyawa metabolit sekunder pada sampel yang merupakan senyawa bioaktif dilakukan dengan cara sampel terlebih dahulu diekstraksi dengan metode maserasi selama 3 x 24 jam kemudian maserat yang diperoleh diuapkan dengan vacuum rotary evaporator hingga diperoleh ekstrak kental. Kemudian dilanjutkan dengan uji skrining fitokimia melalui uji tabung dengan pereaksi anhidrida asam asetat 10 %. Tahap selanjutnya identifikasi dengan metode Kromatografi Lapis Tipis Preparatif dan Analisa menggunakan Spektrofotometri IR.

Hasil penelitian diperoleh eluen terbaik yaitu n-heksana-etil asetat dengan perbandingan (7:3). Identifikasi dengan uji skrining menunjukkan hasil positif yaitu berwarna merah setelah ditambahkan dengan anhidrida asam asetat 10%. Isolasi dengan metode KLTP diperoleh 3 Isolat yang diduga merupakan senyawa bioaktif dari daun Bakau. Isolat I memiliki nilai Rf 0.65, Isolat II Rf 0.73 dan Isolat III Rf 0.68. Hasil analisis menggunakan spektrofotometri FT-IR menunjukkan adanya gugus-gugus spesifik dari ketiga isolat seperti gugus karbonil C=O pada bilangan gelombang 1645,28 cm-1 dan 1737,86 cm-1. Rentangan OH pada bilangan gelombang 3448,72 cm-1 dan 3415,93 cm-1, cincin aromatis pada bilangan gelombang 1643,35 cm-1 dan 1645,28 cm-1. Berdasarkan hasil analisis menggunakan spektrofotometri FT-IR tersebut diduga isolat I dan Isolat III merupakan golongan senyawa steroid, hal ini didukung oleh hasil uji skrining dimana keduanya memberikan warna positif.

 

Kata kunci : Daun Bakau (Rhizophora mucronata), Senyawa Bioaktif, Kromatografi Lapis Tipis Preparatif (KLTP), Spektrofotometer FTIR.

Untuk Artikel Lengkap Silahkan Klik Disini