TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN  INFORMASI  OBAT  DI  RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF  KABUPATEN GOWA

 

Mispari*), Tajuddin*), Irnayanti*)

 

*) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar

 

ABSTRAK

 

Menurut hasil observasi di lapangan petugas Apotek di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf  kabupaten Gowa belum sepenuhnya  melaksanakan tugasnya dengan maksimal,  mengenai efek samping obat, manfaat kepatuhan minum obat, dan kepatuhan tentang penyimpan obat, kemudian di samping itu mengenai tentang informasi obat secara keseluruhan belum maksimal di berikan oleh Apoteker/ Asisten Apoteker yang bertugas di Apotek di tunjukkan pada pasien yang rawat inap yang tingkat pendidikanya rata-rata tinggi. Pemberian informasi obat yang di lakukan selama ini  adalah pemberian informasi tentang kegunaan obat, cara pakai dan aturan minum obat yang benar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat  Kepuasan Pasien Rawat Inap yang menerima pelayanan informasi obat di Rumah Sakit Umum  aerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Penelitian di laksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa selama satu bulan.Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 30 orang pasien rawat inap dari 225 jumlah populasi yang menggunakan kuesioner dan wawancara langsun dengan pasien.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan informasi obat (PIO) yang meliputi kegunaan obat 75% tergolong puas, cara pakai obat 70,8% tergolong puas, waktu aturan memakai obat 66,7% tergolong puas, waktu penggunaan/minum obat 70,8% tergolong puas, efek samping 48% tergolong kurang puas, kepatuhan minum obat 47,5% tergolong kurang puas, dan cara penyimpanan obat yang tepat 45,8% tergolong kurang puas.

 

Kata kunci :  pelayanan informasi obat, kepuasan pasien.

Untuk Artikel Lengkap Silahkan Klik Disini